11 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Dapat Merusak Kaos Kamu!

0
134
views

Ciptaloka.com – Sudah jelas bahwasanya pakaian kaos adalah salah satu produk fashion yang sering digunakan oleh setiap orang. Tidak heran bila kian hari, setiap kaos yang kamu pakai mulai menunjukkan kerusakan.

Sebetulnya, ada loh beberapa cara untuk merawat kaos supaya awet. Ciptaloka pun pernah membahasanya di sini: 17 Tips Lengkap tentang Cara Merawat Kaos yang Baik + Benar. Namun selain merawat ada baiknya kamu juga tahu hal-hal yang dapat merusak kaos dengan cepat. Misalnya…

11 Kebiasaan yang Tanpa Sadar Dapat Merusak Kaos Kamu!

Tidak Membaca Panduan Pencucian pada Label Kaos

Tentu di urutan pertama ada kebiasaan orang Indonesia yang mempunyai minat membaca rendah. Sehingga ketika pada sebuah kaos tertera cara mencuci yang dianjurkan, malah mereka abaikan.

Source : Merdeka.com

Padahal logo atau instruksi tersebut sudah dibuat oleh setiap produsen, agar pengguna tahu cara membersihkan dan merawat kaos yang benar agar tidak hanya berisi tapi juga awet.

Kalo pun kamu tidak paham logo dan maksudnya, Ciptaloka pernah bahas di artikel ini: Penjelasan Terlengkap! Tentang 40+ Simbol Laundry Pada Baju

Mencuci dengan Mesin Cuci

Pada dasarnya sah-sah saja kalau kamu hendak mencuci sebuah kaos dengan mesin. Asalkan kamu tahu cara yang lebih aman, agar tidak merusak.

Pertama, Selalu memisahkan baju putih dengan warna. Agar terhindar dari percampuran yang tidak kamu inginkan.

Kedua, atur daya putar yang lembut saja. Tidak perlu terlalu keras, karena kebanyakan noda di kaos itu tidak terlalu banyak. Kecuali memang kaos anak yang dipakai bermain kotor-kotoran.

Ketiga, keringkan dengan mesin, dan tetap memisahkan kaos putih dan warna.

Keempat, perhatikan penggunaan deterjen. Tidak perlu terlalu banyak, sesuaikan dengan banyaknya kaos yang hendak dicuci.

Menggunakan Pemutih Berlebih

Memang cairan pemutih baik digunakan karena dapat dengan mudah membersihkan noda serta mengembalikan warna ke asalnya.

Hanya saja, produk pembersih itu memiliki zat kimia yang dapat dengan mudah membuat kaos menjadi aus, serta merusak kain secara keseluruhan.

Merendam Terlalu Lama

Adakah diantara kamu yang sering mulai mencuci di malam hari? Dengan tujuan pewangi kaos lebih meresap, dan nanti di pagi hari tinggal kucek dan keringkan?

Jika ada, maka sebaiknya kamu hentikan. Sebab merendam kaos terlalu lama tidak menjamin aroma pewangi meresap. Yang ada malah kain kaos jadi mudah rusak, sablona terkelupas karena terlalu lama di dalam air, dan yang terburuk warna luntur menempel ke warna lain.

Menggosok Bagian Sablon Ketika Dicuci

Bila sudah dibersihkan menggunakan mesin, tidak perlu lagi membersihkan dengan tangan. Bila ada noda, cukup dibersihkan di bagian itu saja. Tidak perlu menggosok apalagi memaksa.

Terlebih lagi, hampir semua sablon pada kaos akan cepat rusak bilamana kamu menggosoknya baik dengan tangan atau sikat. Jadi berhati-hati lagi ya?

Tidak Memilih Gantungan Baju yang Pas

Bilamana memang tidak ada hanger atau gantungan baju yang pas, tidak perlu memaksakan untuk menggantungnya. Cukup di hanging manual tanpa alat saja di tempat teduh. Karena….

Jika kamu memakai hanger yang kecil, tentunya kaos akan tertarik ke bagian bawah dan menyebabkan kemelaran pada bawah kaos.

Begitu pun bila kamu memakai hanger yang kebesaran, yang ada bagian kerah dan Pundak kaos akan melebar dengan sendirinya. Jelas hal tersebut merusak kan? So, lebih hati-hati lagi.

Menjemur di Sembarang Tempat

Kadang, orang Indonesia lebih senang menjemur pakaian basah di bagian yang langsung terpapar sinar matahari. Tidak jarang ada juga yang menjemur di atas genteng.

Memang kebiasaan itu memiliki tujuan yang baik, yakni mempercepat pengeringan namun ada juga efek buruknya.

Mulai dari warna kaos akan cepat memudar, kain mudah rusak, pun sablon menjadi cepat luntur. Maka dari itu, mulailah menjemur kaos hanya di tempat teduh.

Sebab energi pengeringan yang dibutuhkan hanyalah hembusan angin, tidak perlu sinar matahari nan panas.

Menyetrika Sablon Kaos

Bila kaos diberikan energi panas setrika, maka bagian kain akan langsung menjadi rata dan lembut seketika. Begitu pun dengan semprotannnya, yang akan menambah aroma harum pada kaos.

Tapi bila proses setrika diarahkan pada sablon, kamu jangan harap kaos akan awet. Sebab hal tersebut jelas akan merusak.

Bagaimanapun semua sablon berbahan tinta, pewarna, dan cairan kimia. Bila dialirkan energi panas, tidak semuanya bisa tahan. Akan ada yang mengelupas, retak, atau lebih parah malah menempel pada setrikaan.

Jadi pikir-pikir lagi bila mau setrika kaos, ya?

Memakai Kaos Untuk Tidur

Saat tidur, kita tentunya kehilangan kesadaran. Alhasil kaos yang kita pakai pun tidak tahu sedang apa. Bisa jadi sering bergesek dengan seprai, terkena keringat tubuh, terkenan ke-lembaban suhu tubuh. Dan akhirnya rusak tanpa sadar.

Memilih Kaos Murah

Tidak ada yang salah dengan kaos murah hanya saja kamu harus siap dengan konsekuensinya. Sebab sering ditemukan kaos berharga murah tentu memiliki kualitas produk yang murahan pula.

Bisa jadi penggunaan kain yang bikin gerah, sablon yang mudah luntur, pun size ukuran yang tidak sesuai. Mau tidak mau, barang berkualitas seperti di atas akan mudah sekali rusak. Sebab kebiasaan kamu beli produk murah.

Makanya kalo kamu pingin kaos murah dengan kualitas yang terbilang WAH beli di Ciptaloka saja. Bukan hanya harganya yang akan bikin kamu seneng, tapi juga fitur custom kaos satuan. Yang bisa kamu desain suka-suka. Coba deh biar kamu percaya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here