Sejarah Hari Ibu, dan Ide Hadiah yang Bisa Kamu berikan Padanya

Selamat hari ibu semuanya

2
1521
views

Ciptaloka.com – Masih ada yang belum tahu dan bertanya-tanya tentang Kapan Hari Ibu di Indonesia? atau Hari Ibu tanggal berapa?

Sebenarnya, momentum Hari Ibu di Indonesia selalu diperingati pada tanggal 22 Desember. Tapi untuk Hari Ibu Internasional terjadi di tanggal dan bulan berbeda lho.

Kendati ada hari khusus untuk itu, tapi mencintai dan menyayangi Ibu kalian alangkah baiknya tidak mengenal hari ya. Harus dilakukan setiap hari, right?

Balik lagi  ke topik utama. Untuk yang mau tahu lebih dalam tentang Hari Ibu, tentu kamu pasti tambah penasaran. Pertanyaan demi pertanyaan pun terlontar.

Semisal “kenapa sih ada Hari khusus Ibu?” Kemudian, “mengapa di negara lain dirayakan pada bulan dan tanggal yang berbeda?” Juga adakah rekomendasi “ide hadiah untuk diberikan pada seorang Ibu?”

Baik-baik. Sehubungan banyaknya pertanyaan, Ciptaloka bakal coba bahas satu-satu di artikel berikut:

Sejarah Hari Ibu, dan Ide Hadiah yang Bisa Kamu berikan Pada Ibumu

Selamat hari ibu semuanya

Kita mulai artikel ini dengan gagasan sederhana untuk menjawab kenapa harus ada Hari Ibu? Ya, karena sosok Ibu adalah orang yang berjasa besar dalam hidup kita sekarang, sebelumnya, dan nanti.

Photo by Tyler Morgan on Unsplash

Jika saja dulu Ibu tidak ada, tentu tak akan ada yang melahir kita bukan? Bahkan jika kita lahir tapi Ibu tidak ada, rasa-rasanya belum tentu ada yang mau juga merawat kita yang masih kecil dan merepotkan itu ya?

Maka dari itu, sederhananya, Hari Ibu ada untuk memberikan apresiasi setinggi-tingginya pada para Ibu, yang telah berjasa melahirkan, membesarkan, dan tanpa hentinya mencintai dan menyanyangi anak-anaknya sampai sekarang. As simple as that. Gimana, menurut kamu? Sepakat kah?

Namun bila ingin mendapatkan pandangan yang lebih historis, kita mulai untuk sedikit flashback dan mencari tahu…

Sejarah Hari Ibu di Indonesia

Sumber Gambar by https://www.bmh.or.id

Dikutip dari Tirto.id, ternyata Hari Ibu sudah diperingati ketika Bung Karno menjabat sebagai seorang Presiden di Indonesia.

Dari situ bisa tahu kan, bahwa tanggal 22 Desember tentu menjadi momen penting untuk para Ibu jauh sebelum pemerintahan era beliau.

Adalah Kongres Perempuan Indonesia Pertama yang terlaksana pada tanggal (22-25 Desember 1928) yang turut pula melatarbelakangi lahirnya sejarah peringatan Hari Ibu di Indonesia.

Waktu itu, kongres terjadi beberapa pekan setelah Sumpah Pemuda. Mengambil tempat di Pendopo Dalem Jayadipuran (milik Raden Timenggung Joyodipoero).

Para penyelenggara melibatakan Wanita Utomo, Putri Indonesia, Wanita Katolik, Perempuan-Perempuan Sarekat Islam, Perempuan-Perempuan Jong Java.

Baru secara resmi pada tahun 1953, dengan turunnya Dekrit Presiden No.316 tahun 1953, menyatakan bahwa 22 Desember akan diperingati sebagai Hari Ibu Nasionl (hari besar nasional yang tidak termasuk libur)

Jadi, kalian sudah tahu sekarang. Hari Ibu merupakan hari yang turut memperingati pula perjuangan kaum wanita di masa perjuangan bangsa Indonesia di masa silam.

Makanya ada hari spesial untuk para ibu ini.

Sementara, Hari Ibu di luar Indonesia

Photo by ketan rajput on Unsplash

Untuk Hari Ibu Internasional atau versi orang-orang di luar negeri dilatarbelakangi kisah yang berbeda-beda lho.

Dikutip dari goodminds.id, di beberapa negara Eropa bagian Timur dan Tengah, Hari Ibu dirayakan ketika bulan Maret.

Bulan tersebut berkaitan erat dengan aliran kepercayaan yang memuja Dewi Rhea, istri dari Dewa Kronus, dan Ibu untuk para dewa berdasarkan pada mitologi Yunani terdahulu.

Di belahan Negara lain seperti Amerika Serikat, Australia, Kanada, Belanda, Hongkong, serta Malaysia, Hari Ibu selalu diperingati pada bulan Mei. Tepatnya di hari minggu kedua.

Latar belakang tanggal dan bulan itu lahir ketika tahun 1870, aktivis sosial yang juga seorang Ibu, Julia Ward Howe mencanangkan tentang pentingnya peran perempuan guna menghentikan perang saudara yang terjadi di negara Amerika yang belum berserikat.

Ide hadiah yang bisa kamu berikan pada Ibumu

Sebab sudah tahu perjuangan serta sejarah yang panjang tentang Hari Ibu, untuk merayakan bersama Ibu kalian, sebenarnya ada banyak cara.

Salah satu yang sederhana bisa dengan memberikan hadiah. Beberapa rekomendasi ide hadiah untuk hari Ibu, bisa berupa:

– Kumpulan foto kenangan Kamu dan Ibu dalam sebuah plakat mewah

Yap! Memberikan sebuah foto dalam tempat cetak yang mewah, berupa plakat diamond custom tentu akan membuat gambar tersebut serasa menjadi lebih mewah dan hidup, bukan? Ibu kamu pasti senang serta terkesan. Dijamin.

–  Memberikan Apron

Nah berikutnya, untuk mengapresiasi setiap masakan yang Ibu buat, kamu bisa berikan dia sebuah apron bertemakan Ibu seperti ini.

Eits tapi jangan cuma beli satu, kamu juga beli ya. Biar bisa masak barengan dan atau sesekali kamu yang masakin buat Ibu deh.

– Ucapan tulus dari Kamu ke Ibu dalam bentuk Kaos

Supaya lebih haru lagi, kamu bisa berikan hadiah yang unik berupa kaos custom yang berisikan tulisan tulus dari kamu untuk ibu kamu. Contoh ucapan bisa seperti yang ada di kaos ini nih:

Kalau gitu, sekarang kamu sudah tahu tentang sejarah hari ibu dan rekomendasi hadiah yang bisa kamu berikan.

Untuk itu, kepada seluruh Ibu di dunia Ciptaloka ucapkan “Selamat Hari Ibu, or Happy Mother’s Day”

BACA JUGA:

1. Tidak Sembarang! 8 Hiasan Natal Ini Punya Makna Mendalam

2. Total ada 20 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama di Tahun 2019

3. Rayakan Hari Ibu Kamu, Dengan Memberikan 11 Kaos Teristimewa Bertemakan Ibu dan Anak ini!

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here