Kelebihan dan Kekurangan dari Stiker Motor Berbahan Skotlet

0
274
views

Ciptaloka.com – Pernahkah kamu berpikir mengapa setiap motor baru selalu memiliki stiker? Padahal seandainya tidak ada pun, tentu tidak apa-apa ya kan?

Hmm pendapat di atas sebetulnya tidak salah, karena memang ada orang yang lebih suka memiliki motor full polos, tanpa perlu ada embel-embel stiker.

Sebetulnya orang seperti mereka juga tak jarang menyepelekan fungsi dari stiker. Padahal, meski tampak tidak berguna tapi ada ragam stiker motor yang justru bisa membuat bodi motor terlindungi serta menjadi lebih keren dan menarik.

Namanya adalah stiker skotlet motor. Nah, sebelum kamu menilai, Ciptaloka akan menyajikan artikel yang membahas tentang:

Kelebihan dan Kekurangan dari Stiker Motor Berbahan Skotlet

Pertama, kita akan menjelaskan sedikit dulu tentang stiker berbahan skotlet. Sebelumnya kamu sudah pada tahu apa belum? Meski pun belum, tapi pasti pada pernah dengarlah tentang stiker motor yang satu ini.

Jadi skotket merupakan stiker yang biasa diapakai untuk melapi-si bagian bodi pada motor.

Memiliki varian warna, mulai dari yang transparan sampai yang beraneka ragam. Lalu, daya rekat stiker skotlet pun tidak main-main, dijamin lengket dan awet. Adapun beberapa kelebihan dari stiker skotlite pada motor:

Menjadi Pelindung Motor

Akibat dari daya rekat serta lapisannya yang tebal, banyak biker menggunakan skotlet untuk melapisi bagian bodi motor.

Hal tersebut dilakukan agar meminimilasir kerusakan bodi, andai kata terjadi kecelakaan yang membuat motor bergesekan dengan kendaran pun aspal jalan.

So sebelum aspal berusaha mengauskan bagian bodi, maka soktlet nya akan menahan gesekan di lapisan pertama. Baik sekali, ya?

Memperpanjang Usia Warna pada Motor

Adalah fakta bahwasanya musuh utama warna motor adalah air. Kenapa bisa? Karena saat motor dicuci kemudian dibersihkan dengan cairan kimia, semakin sering kamu melakukan itu, maka akan semakin memudarkan warna dengan segera.

Nah, hal di atas tentunya tak akan terjadi bilamana motor kamu dilapisi stiker skotlite. Pasalnya stiker tersebut akan dengan senang hati melindungi bodi motor anda dari serangan air.

Melindungi dari Terik Matahari

Selain menyerang motor nan sedang dijemur, matahari pun tak segan menyerang motor nan tengah kepanasan di jalan. Makanya setiap motor itu perlu perlindungan. Ya salah satunya lewat stiker motor skotlet lagi.

Kendati kamu banyak meragukan fungsinya, tapi kalo sudah baca 3 poin kelebihan dalam artikel ini, pasti mulai paham kan? Kiranya hal-hal apa yang bisa dilakukan oleh stiker motor ini.

Makanya supaya lebih tahu, coba terus baca…

Memperindah Motor

Pada saat merasa bosan dengan tampilan motor, tak jarang muncul saja keinginan untuk mempercantik warna pada bodinya.

Kadang pilihan itu pun berakhir pada harus dicat secara permanen atau memakai skotlet.

Sebab kalo yakin dicat permanen, entah berhasil atau tidak tapi warna itu akan terus menempel pada bodi motor.

Sedang bila hanya dipercantik dengan stiker skotlet aneka warna, kalo misa merasa gak cocok tinggal dicabut. Gak perlu repot cat ulang dan bongkar pasang bodi juga, ya kan?

Setelah kamu tahu tentang kelebihannya, sekarang mari kita bandingan dari segi kekurangannya. Supaya lebih adil juga ya kan? Kalo tahu plus dan minusnya.

Menyisakan Sisa Perekat

Akibat dari lengketnya stiker, kadang memang banyak menyisakan bekas perekat yang agak sulit dibersihkan secara mudah. Itulah yang menjadi salah satu kelemahan dari stiker ini.

Namun belakangan ada alat yang bisa membersihkan noda tersebut. Namanya adalah minyak kayu putih. Cairan dari benda tersebut bisa melelehkan bekas lem secara perlahan, bahkan sampai bersih.

Skotlet Merusak Cat

Meski sebelumnya disinyalir ampuh melindungi bodi, tapi nyatanya ada beberapa skotlet yang merusaknya.

Eits tapi kamu perlu ingat dulu, hal ini hanya berlaku bila terlalu lama stiker skotlite itu menempel pada bodi.

Menurut salah seorang ahli stiket yang menjual skotlet pinggir jalan, stiker jenis ini hanya baik digunakan paling lama 2 tahun. Bila lebih lama, tentu tempelan semakin merekat.

Nah kalo sudah kelamaan dipasang, dan dipaksa dibuka yang jangan aneh kalo cat motornya ikut ke-tarik juga.

Menghilangkan Garansi Body pada Motor

Tentu kamu sudah tahu bilamana sebuah motor yang dicicil, biasanya masih memiliki garansi jika terjadi kerusakan pada bagian bodi motor.

Sayangnya, hal tersebut bisa dengan mudah dicabut garansinya, andaikan terdapat perubahan pada motor. Salah satunya adalah memasang stiker skotlite.

Meski terbilang sebuah perubahan yang kecil, namanya peraturan tetap peraturan. Jadi sekiranya motor kamu masih dalam cicilan, tunda dulu deh memasang stikernya, ya?

Tidak Bisa Dipasang oleh Sembarang Orang

Tentulah kamu pasti tahu bahwa memasang stiker berbahan skotlet itu tidak mudah. Perlu keahlian khusus agar dapat menciptakan tampilan yang sempurna.

Salah sedikit saja, stiker dapat mengembang, karena perekatan tidak merata. Lalu bisa juga melebar, sehingga mau tidak mau harus dipotong.

Paling parahnya lagi, stiker skotlet jadi tidak berguna bilamana salah tempel dan dipaksa dicabut. Alhasil daya rekat berkurang, dan susah untuk dipasang. Alhasil pastilah dibuang.

Maka guna meminimalisir hal tersebut ada baiknya kamu gunakan penyedia jasa pemasangan skotlite yang ahli ya.

So,demikianlah informasi tentang kelebihan dan kekurangan stiker skotlet.

Selain bahan tersebut, ada juga loh stiker cutting yang bisa kamu customs satuan dan  sangat keren untuk berada di motor kamu.

Lebih lengkapnya kamu bisa baca di artikel ini: Transfer Sticker, Stiker Motor Keren yang Bisa Kamu Custom!

 

Dan bisa coba beli DI SINI.

Sekian.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here