Inilah 7 Cara Ampuh Mengetahui Ukuran Baju nan Pas Buat Kamu

Sila cek satu per satu

0
76
views

Ciptaloka.com – Bila kamu dihadapkan pada sebuah situasi di mana kamu hendak membeli pakaian secara online, namun kamu bingung menentukan size atau ukuran apa yang pas untuk dikenakan, apa yang akan kamu lakukan?

Secara umum, kebanyakan dari kamu pastinya akan mencari baju pakaian yang sering kamu gunakan, kemudian mengukurnya dan menyesuaikan dengan stock ukuran yang penjualan sediakan. Sementara sebagian orang akan langsung memilih size yang sering mereka gunakan saja.

Sayangnya hal yang kedua itu kadang jadi tidak akurat, karena perbedaan pandangan antara ukuran lokal dengan ukuran internasional versi penjual. Pasalnya dalam rumus ukuran Internasional, size akan menjadi lebih panjang dan lebar. Dengan rata-rata perbedaan bisa sampai 2-4cm loh.

Artinya pakaian yang akan kamu terima, jika merujuk pada size chart inter versi mereka, pastilah size yang ada lebih besar ya kan?

Maka dari itu, daripada kamu bertaruh ukuran pada insting semata, ada baiknya kamu baca tips berikut ini:

7 Cara Mengetahui Ukuran Baju yang Pas Buat Kamu

Sila cek satu per satu

1. Menghitung dari bagian leher belakang ke bawah

Guna mengetahui size kaos yang pas kamu bisa gunakan perhitungan bagian belakang kaos. Dengan cara menaruh kaos di bawah, kemudian balik agar bagian belakang kaos menghadap ke depan.

Setelahnya baru kamu hitung dari bagian belakang kerah kaos, pas di tengah lalu lurus ke bagian bawah. Dengan begitu kamu sudah bisa menemukan ukuran panjang kaos nan pas di badan.

2. Menghitung dari bagian tengah ke ujung tangan

Berikutnya agar mengetahui panjang lengan nan pas pada kaos, kamu bisa gunakan perhitungan sederhana. Dengan cara sebagai berikut:

Hitungan awal masih dari bagian tengah atas kaos, belakang kerah. Sekaran menghitung horizontal ke sisi bagian lengan, hingga hampir membentuk lurus dan lekukan di bagian pergelangan bahu ke tangan.

3. Menghitung ukuran dada

Sama seperti sub judulnya, hitungan kali ini akan berfokus pada bagian dada depan. Cara menghitung nya pun, hampir mirip-mirip dan mudah.

Cukup taruh kaos dengan posisi bagian depan, menghadap ke depan. Kemudian pada bagian di bawah ketiak, kamu taruh ujung meteran. Lalu lebar kan sampai ke ujung lainnya. Dari situlah kamu dapat mengetahui ukuran lingkar bodi nan pas pula untuk kaos nya, ya?

Oh iya selain ditaruh di lantai atau di bagian bawah kamu, ukuran dada pun dapat diketahui dengan mengukur secara langsung, ketika kamu memakai kaos itu.

4. Menghitung lingkar leher

Bagian leher pun jangan sampai terlewat. Kamu bisa menghitung langsung berapa diameter lubang kaos atau pakaian yang sering kamu gunakan, atau hitung dengan cara melingkarkan langsung ke leher menggunakan meteran pita yang seperti tali. Jangan meteran yang keras, malah bahaya nantinya 😀

5. Menghitung berdasarkan tinggi dan berat badan

Kalau kamu tidak memiliki alat hitung seperti meteran atau pun penggaris panjang, kamu masih bisa kok menggunakan perhitungan berat badan dan tinggi badan guna menemukan size pakaian yang pas dan sesuai dengan yang kamu inginkan.

Berikut adalah contoh size chart yang bisa digunakan. Agar hasilnya lebih baik, usahakan kamu hitung dan ingat betul tentang seberapa tinggi dan seberapa berat badan kamu, ya?

 

Berdasarkan pada chart tersebut, dapat menjawab beberapa pertanyaan yang sering diajukan di mesin pencari. Misalnya:

Q : Bagaimana cara mengetahui ukuran baju?

A : Bisa menggunakan perhitungan berat dan tinggi badan.

Q : Berat badan 60 KG ukuran baju apa?

A : untuk ukrang tersebut, bisa direkomendasikan size M untuk model slim fit atau L untuk yang agak oversize

Q : Size S untuk berat badan berapa?

A : Direkomendasikan untuk berat badan 45-55 Kg baik pria maupun wanita.

Q : Ukuran L muat berat badan berapa?

A : Berdasarkan tabel indikator di atas, cocoknya pakai size M sampai dengan L. Bisa juga XL untuk yang ingin sedikit oversize.

Q : Berapa LD untuk ukuran L?

A: Jika merujuk pada ukuran lokal, LD pria size L berikisar di 50-52 cm.

6. Menggunakan model sebagai patokan

Umumnya, sebuah iklan pakaian di market place akan menggunakan seorang model sebagai figur. Nah di sana pun biasanya tertulis keterangan tentang tinggi badan model, berat badan model, serta size yang Ia gunakan.

Dengan demikian kamu bisa pergunakan patokan itu, untuk membeli pakaian dengan size yang kamu inginkan. Tinggal gunakan perhitungan sederhana seperti :

Photo by Jade Destiny on Unsplash

Model size : XXL | Tinggi : 160 cm | Berat : 50 cm

Kalau sama, bisa pakai XXL. Tapi kalau kamu berukuran lebih besar dari model, boleh pakai yang XXXL. Mudah serta akurat kan?

7. Berpatok pada standar ukuran baju

 Tetapi semisal kamu tidak punya alat ukur, pun tidak tahu berat badan dan tinggi, kamu bisa langsung saja pilih size nan biasa kamu gunakan.

Hanya saja, kamu perlu tanyakan dulu, patokan size yang mereka gunakan. Apakah ukuran baju standar lokal? Atau size ukuran Internasional?

Sebab biasanya kalo patokan inter, ukruan baju cenderung lebih besar. Contohnya, jika L di kita berpatokan pada Lebar 50 cm, maka di size inter, Lebar bisa sampai 52 cm. Ingat ya! Perbedaan meski hanya 1 cm atau 2 cm, akan sangat berpengaruh sekali loh.

Guna mengetahui selebihnya, kamu bisa kunjungi link berikut ini : Perbedaan Ukuran Baju Lokal dan Internasional Terlengkap!

Demikian 7 trik untuk mengetahui ukuran baju yang pas buat kamu. So, karena sudah pada tahu, langsung aja pilih kaos custom sesuai ukuran kamu.

By the way, Ciptaloka lagi diskon besar-besaran untuk kaos size S nya loh. Coba klik dan temukan DI SINI.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here