Awas Tertipu! Kenali Perbedaan Kualitas Produk KW, Oem, Ori

0
98
views

Ciptaloka.com – Trend di dunia fashion bisa dikatakan sangatlah pesat. Tidak heran bila masing-masing brand selalu berlomba untuk menghasilkan produk unik sekaligus berkualitas.

Mirisnya, akibat dari persaingan nan ketat tersebut berdampak pada harga produk yang makin ke sini, main mahal saja begitu. Bisa jadi karena hanya dibuat terbatas, bisa pula karena memang menggunakan material produk nan bermutu tinggi.

Masalah pun muncul kala produk dari brand yang mahal, memunculkan produk-produk tiruan yang tentunya berharga sangat murah. Bisa jadi barang ini pun akan turut meramaikan persaingan khususnya di kalangan mengah ke bawah.

Maka dari itu, sebagai konsumen tentu kamu harus berhati-hati. Minimal tahulah kiranya perbedaan kualitas barang yang ada di pasaran. Kalo sekiranya belum tahu, Ciptaloka dengan senang hati akan membantu kamu. Langsung simak nih:

Perbedaan Kualitas Barang dari KW sampai sedang Ori

Kulitas Kw 2

Dimulai dari kualitas paling rendah, yakni KW 2. Dari segi kemiripan produk bisa jadi sangat jauh. Tak jarang juga malah memelesetkan nama dari Brand Originalnya.

Salah satu contohnya adalah brand tas Bernama ERGER yang merupakan duplikasi dari brand EIGER. Hanya saja dari segi bahan dan juga bentuk tas, jelas sangat jauh dengan yang asli. Malah cenderung memakai bahan yang murah untuk menekan biaya produksi dan harga jualnya.

Kualitas Kw 1

Untuk yang satu ini, bisa dibilang lebih baiklah dari KW 2. Sebab untuk kemiripan bentuk, mereka cukup berusaha untuk menyerupainya.

Namun, dari segi kualitas tentulah masih sangat jauh. Dan kemiripan pun hanya berfoukes pada hal-hal yang Nampak saja, alias tidak mendetail seperti aslinya.

Kualitas Kw Semi-Super

Naik lagi satu tingkat dari KW-1, ada yang namanya Kw-Semi Super. Kualitas ini sudah mulai mendetail namun tetap penggunaan bahan baku masih yang murah.

Untuk perbandingannya, misal ada produk sebuah tas kulit. Nah dari bentuk bisa saja mereka menyamakannya, namun dari bahannya mereka akan memilih bahan kulit PU berkualitas rendah.

Yang lama kelamaan, bila dipakai akan mengelupas terus mudah rusak begitu.

Tidak Banyak yang Tahu, Inilah 5 Ciri Utama Kaos Distro

Kualitas KW Super

Berhubung ada kata “super” bisa dibilang kualitas produk yang ditampilkan akan lebih baik dari yang sebelumnya. Bisa dari bentuknya yang mendekati mirip pun dengan detil-detilnya.

Yang membedakan secara kentara, ada pada bahan yang digunakan. Agak lebih baik dari produk dengan grade kw-semi sih pastinya.

Soal harga pun ya masih murah sih untuk menggait market di kalangan menengah ke bawah.

Kualitas KW Super B

Naik grade lagi dari hanya kw super, menjadi kw super B yang katanya mulai memperhatikan kerapian guna menyerupai bentuk, warna, dan jahitan pada produk.

Untuk kulitas yang super B ini pun memiliki banyak peminat, karena harganya yang menengah namun kualitasnya lumayanlah begitu.

Namun tetap, kualitas KW Super B ini masih tanggung, mending coba dulu yang..

Kualitas KW Super AAA

Tampilan lebih ok. Detail sudah mulai deprhatikan dengan lebih baik. Lalu jahitan pun dibuat lebih rapi lagi dari kualitas yang sebelumnya.

Untuk penggunaan bahan, masih menggunakan material yang murah namun lebih baik dari KW Super B. Dapat dikatakan untuk segi daya tahan, lebih baik daripada yang KW sebelum-sebelumnya.

Kuallitas KW Grade Ori

Tentu kamu pun akan bertanya, mengapai produk ini dikatakan Ori namun masih ada kata KW yang mengikutinya?

Jawabannya mudah. Memang prudk ini ori, artinya dibuat di pabrik yang sama, dengan yang asli. NAMUN kamu harus ingat ini:

Produk KW Grade Ori berasal dari produk yang tidak lolos QC, karena adanya beberapa kesalahan. Misalnya salah bahan, jahitan, warna, dan cacat produksi.

Daripada dibuang biasanya akan ada penampung yang mere-parasi pun mengganti bahan yang rusak dengan yang murah begitu.

Kualitas Original China

Negara yang satu ini memang sudah ahli dalam hal membuat produk serupa, namun dengan harga yang jauh lebih murah. Untuk itu, tak jarang banyak konsumen menilai produk made in china ini sudah mirip dengan asli.

Contohnya produk-produk elektronik dan fashion yang dibuat mirip, hanya saja kadang dibedakan dari segi merek saja begitu. Namun dari segi bentuk dan fungsi, hampir sama dengan yang original begitu.

Kualitas Produk Mirror

Ini sih sudah mencapai level yang bisa dikatakan sangat mendekati mirip. Dari istilahnya saja “mirror” yang berarti kaca, atau refleksi tampilan dari produk yang asli.

Misal untuk produk sepatu yang mirror, memiliki tampilan mirip, bahan yang mirip, detail yang mirip, jahitan nan presisi, bahkan tak jarang dilengkapi box berisikan barcode, kode, dan informasi yang mirip pula.

Yang membedakan paling hanya dari segi harga yang lebih murah dari yang asli begitu. Kadang istilah produk mirror pun disebut sebagai kualitas 1:1.

Kulitas OEM

Merupakan singkatan dari Original Equipment Manufacture, yang berarti produk dibuat berdasarkan kualitas yang asli. Lalu apa yang membedakannya?

Yang jelas perbedaan hanya ada pada tempat pembuatannya saja. Karena biasanya suatu brand besar memiliki demand yang tinggi. Alhasil dia harus menambah kapasitas produksi dengan cara…

Membuatnya di luar pabrik utama mereka begitu. Jadi jangan heran kalo misal brand US kadang memiliki tag yang tertulis Made in Vietnam, Made in Indonesia, dan juga seterusnya.

Kulitas Original

Untuk yang terakhir, sudah jelas dari segi bentuk, warna, dan bahan pastilah asli. Sebab diproudksi langsung oleh brand, di rumah produksinya sendiri atau pun di mitra mereka.

Selebihnya kamu akan tahu barang ini asli setelah lihat harganya dan tempat yang menjualnya.

So, demikianlah pembahasan tentang kualitas produk.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here