17+ Nama Tanda Baca: Fungsi dan Bahasa Inggris-nya

0
804
views

Ciptaloka.com – Tanda baca, bisa disebut sebagai hal yang sering kita temui sehari-hari. Mereka bisa berada pada pesan yang kita baca di aplikasi chat, bisa pula berada pada deretan keyboard yang kita pakai untuk mengetik.

Akan tetapi, meski sering ditemui masih ada saja beberapa orang nan salah menyebutkan tanda baca. Pun tak jarang mereka menyebutnya dengan istilah bahasa inggris agar terdengar lebih ‘keren” begitu.

Sejatinya, pelajaran mengenai tanda baca umum dikenalkan sejak sekolah dasar sampai dengan menengah. Namun supaya mengingat dan menambah pengetahuan, ada baiknya kamu pun belajar mengetahuinya kembali.

Tidak hanya namanya saja, tapi juga dengan fungsinya. Agar dapat diaplikasikan secara tepat di kehidupan nyata. So, let’s check ya!

Nama-Nama Tanda Baca: Fungsi dan Bahasa Inggris-nya

Langsung nih!

1. Tanda Baca Titik (.)

Nama tanda baca dalam bahasa inggris untuk titik adalah “dot”. Tentu kamu akan sangat familiar dengan kalimat seperti “visit us at three double U dot ..” yang artinya “kunjungi kami di w w w .” nah jadi tahu kan maksud ‘dot’ dalam kalimat tersebut.

Dari segi fungsi, tanda Titik merupakan penanda guna mengakhiri atau menutup kalimat begitu. Sedangkan fungsi lainnya dipakai ketika mengakhiri singkatan. Contohnya,  a.n. (untuk singkatan dari atas nama). Ada juga dr. (untuk singkatan gelar dokter).

2. Tanda Baca Seru (!)

Ini sih bisa disebut tanda baca yang paling asik. Tahu gak kenapa? Jawabannya karena memang hanya tanda inilah yang seru (!) hehe. In english most people say it’s Shout or exclamation mark or point.

Kembali ke topik, tanda seru umumnya dipakai guna menegaskan sederet kata juga kalimat yang menegaskan sifat urgensi, amarah, dan ketegasan begitu. Contoh kalimatnya seperti ini:

Tolong saya! (konteks urgensi)

Jangan tampakkan batang hidung mu, aku sudah muak! (lagi marah)

Harap pakai helm ketika berkendara dengan sepeda motor! (tegas ala polantas)

3. Tanda Baca Koma (,)

Adalah tanda baca yang sering ada dalam pdf dan digunakan ketika kamu hendak memenggal satu kalimat nan panjang. Bisa pula digunakan untuk memisahkan anak kalimat dari induknya. Langsung contoh aja nih:

Dalam beberapa hari ke depan bapak tidak ada di rumah, untuk itu kalian yang baik ya sama Ibu. (pemenggal kalimat)

Bapak sering dinas ke luar kota, makanya jarang ada di rumah. (induk-anak kalimat)

Selain itu, tanda baca koma dalam Bahasa Inggris dikenal dengan istilah “comma” beda K dan M nya double ya dengan bahasa kita.

Adapun fungsi lain dari tanda koma (,) yakni untuk: perinci kata, petikan kalimat, penjelas keterangan tempat atau juga alamat.

4. Tanda Baca Kutip (“)

Jangan salah, jika ada 2 kutipan pada satu kata atau kalimat maka Ia disebut dengan tanda kutip (“…”). Namun bila hanya ada satu tanda, disebut dengan tanda petik kayak gini (‘ …’).

Merujuk pada kamus bahasa inggris, kutip berarti (quote). Tanda baca (“) dan fungsinya ini beragam, diantaranya:

– Sebagai pengapit judul (jurnal, makalah, skripsi) dalam suatu kalimat, sebagai berikut:

Aku sedang membuat penelitian berdasarkan pada makalah berjudul “efek positif sosial media, dalam membangun karakter anak muda di Indonesia”

– Mengapit kutipan seseorang secara langsung. For example:

Jika kamu ingin rajin berolahraga, tanamkanlah pepatah kuno yang berbunyi, “di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat”

5. Tanda Baca Garis Miring (/)

Menurut Bahasa Inggris tanda baca ini disebut “slash”. Contoh tanda baca ini dalam pelafalan sama seperti kata titik di atas, hanya saja ditambahkan jadi begini kalimatnya, “visit us at three double U dot Ciptaloka dot com slash kaos”, yang bila dituliskan menjadi www.ciptaloka.com/kaos begitu.

Sedang dalam surat menyurat, garis miring sering digunakan sebagai pemisah dalam sebuah kop surat. Contoh: April/19/2022/surat.

Untuk kalimat, tanda miring bisa disebut sebagai pengganti kata dan, atau, serta. Semisal kalimat, “aku tidak tahu besok cuaca akan cerah/mendung…”

Adapula garis miring yang digunakan dalam hitungan matematika, contohnya: “larutkan serbuk dengan air  1/2 sendok makan…”

Sejauh ini bagaimana penjelasan di atas apakah sudah kamu pahami? Kalo iya, mari kita lanjut kalo tidak, ya tetap lanjut biar kamu tambah hafal. Okay?

6. Tanda Baca Kurung (())

Parantheses merupakan istilah untuk menyebut tanda kurung tersebut dalam Bahasa Inggris. Penggunaan tanda baca kurung, umumnya berguna untuk memperjelas suatu keterangan dalam kalimat. Misalnya: Para mahasiswa baru itu diwajibkan mengikuti OSMA (Orientasi Studi Mahasiswa)

7. Tanda Baca Kutip Tunggal (‘)

Tadi sudah dijelaskan tentang tanda kutip dua, nah sekarang kita bahas tanda kutip satu. Fungsi tanda baca ini untuk menaruh kutipan di dalam kutipan begitu. Bingung kan? Mari kita mempermudah dengan contoh:

Bu guru bilang, “pada tanggal 21 April, selalu diperingati sebagai ‘hari kartini’. Maka siswa wanita wajib memakai kostum khusus untuk hari terebut.”

Nah hari kartini yang ditandai merujuk pada perayaan seorang tokoh pahlawan perempun bernama lengkap R.A. Kartini.

8. Tanda Baca Kurung Siku ([ ])

Disebut brackhet dalam Bahasa Inggris. Perbedaan kurung tidak hanya pada bentuk semata. Lebih dari itu, kurung siku berarti sebagai penanda kesalahan pada sebuah kalimat dari tulisan aslinya. Let’s see this:

“Tanpa berpikir panjang, Rio langsung meng[k]onsumsi makanan yang ada di depan dengan lahap”

Tentu kata yang betul adalah “mengonsumsi” tanpa huruf K ya.

9. Tanda Baca Tanda Tanya (?)

Ini sih sudah sering ditemukan pasti. Jika diterjemahkan ke bahasa inggris, disebut sebagai question mark. Untuk fungsi, biasa dipakai sebagai tand baca di ujung kalimat tanya, kayaka gini “kamu lagi apa?”

Bisa juga dibuat sebagai penanda penolakan pada sebuah pernyataan. Misalnya nih: “Jika bumi itu datar menurut saudara, kira-kira apakah ada bukti penelitiannya?”

10. Tanda Baca Dan (&)

Memiliki istilah lain yang disebut sebagai amphersand. Dari segi fungsi, berguna untuk menyambungkan kata, dan akan dilafalkan sebagai kata dan “&”. Ya mirip kayak kalimat begini: Aku & Kamu | Jono & Jinni

Untuk sisanya, kita rangkum pendek beserta contoh agar kamu tidak kepanjangan dalam membacanya, ya?

11. Tanda Baca Kurung Sudut (<)

Semakin sering digunakan di dunia programing. Contohnya dipakai untuk seperti ini <URL YOUTUBE> jadi nanti bisa memunculkan video pada artikel atau bacaan di website. Dan tentu banyak lagi contohnya ya.

12. Tanda Baca Titik Koma (;)

Semi colon (eng) banyak digunakan untuk memisahkan kalimat yang sifatnya kausatif atau juga setara. Semisal;

Motor yang Ayah kendarai habis bensin; Ia pulang berjalan kaki sejauh 1 km.

13. Tanda Baca Tilde (~)

Salah satu tanda baca (tilde Eng) berbentuk unik, seperti sebuah gelombang garis begitu. Berfungsi sebagai pengganti sublema dalam kamus. Seperti :

Kata Pemotor : adalah orang yang sering berkendara dengan memakai motor roda dua.

Contoh: Para~ sedang melakukan touring.

14. Tanda Hubung (-)

Salah satu tanda baca garis bernama hypens in English. Bisa dibilang yang cukup mainstream dan memiliki beragam fungsi. Salah duanya adalah Untuk memenggal kata berulang : pagi-pagi, jalan-jalan, makan-makan.

Untuk menjelaskan kata ‘sampai” dalam simbol. Dari pagi-siang kerjaan Ibu hanyalah memasak. 

15. Tanda Titik Dua (:)

Berbeda dengan titik dan koma, tanda titik dua (colons) umum dipakai sebagai penjelas dalam kalimat nan berisi rincian. Contohnya:

Hari ini Kami berencana berwisata ke pantai. Sebab di sana, kami dapat melakukan aktivitas nan banyak, seperti: berenang, bermain pasir, dan berjemur.

16. Tanda Baca Apostrophe (‘)

(Aposrophe Eng) Umum dipakai guna menjelaskan pelafalan dalam Bahasa Arab pada beberapa istilah maupun nama. Misal : Imam Syafi’I, Jum’at, dan Hijab Syar’I.

17. Tanda Baca Elipsis (…)

Kebanyakan memakai tanda 3 titik (Ellipsis Eng) ini sebagai tanda kalimat yang dipenggal sebelumnya. Sering ditemukan dalam teks percakapan di novel atau buku lainnya. Misal jika berada depan seperti ini

“…aku merasa menyesal.” nah 3 titik itu menandakan ada kalimat sebelum kata “aku merasa menyesal”.

18. Tanda Baca Garis Lurus (|)

Serimg ditemukan sebagai tanda pemenggal kalimat atau kata. “jika kamu haus, air apa yang kamu buthkan? Air Mineral | Kola | Kopi

19. Tanda Baca Bintang Kecil (*)

Biasanya digunakan sebagai disclaimer, atau dalam surat dipakai sebagai pesan tambahan atau pun penanda istilah.

*jangan lupa balas surat ini

Bila sore hari, banyak orang yang berpuasa *ngabuburit di jalan raya.

Ngabuburit : berasal dari bahasa Sunda yang berarti menghabiskan waktu sore hari dengan aneka aktivitas.

20. Tanda Baca Pagar atau Hastag (#)

Kebanyakan dipakai di dunia sosial media untuk menghubungkan kita dengan user lain, lewat penanda pagar. Contohnya: #jualansepatu sementara sang pencari mengetik #jualsepatubaru.

Keduanya dapat terhubung lewat penanda baca dan kata-kata penjelas.

Nah Demikianlah 17+ Nama Tanda Baca, Bahasa Inggrisnya, fungsi, dan kegunaan jelasnya.

BACA JUGA :

– 7 Contoh Ide Hadiah THR Terbaik Untuk Customer ala Ciptaloka

– 15+ Fashion Item yang Cocok Untuk Style Outfit Lebaran Pria

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here