Asal Usul yang Belum Kamu Tahu Tentang Imlek, Warna Merah, dan Kuning Emas

Berikut ulasan singkat dan lengkapnya!

2
1551
views

Ciptaloka.com – Warna selalu merepresentasikan sebuah kehidupan. Tanpa warna bisa jadi hidup kita ini akan terasa biasa dan membosankan.

Selain itu, warna telah menjadi sebuah penanda terhadap suatu kejadian penting. Seperti hal nya warna merah dan kuning emas yang identik dengan perayaan Orang Tionghoa dalam menyambut Tahun Baru Imlek-nya.

So, bilamana warna tersebut sudah mulai ditemukan di pusat-pusat kota baik dalam bentuk ornamen, lampion, atau baju sekalipun. Artinya tinggal beberapa hari lagi, Tahun Baru Imlek akan segera tiba.

“But wait, kenapa ya Imlek dan warna merah selalu menjadi kombinasi yang tepat untuk tahun baru orang tionghoa? Terus, adakah hal yang menarik dari situ?”

Well, pertanyaan yang bagus. Supaya lebih tahu kami persilakan Kamu simak artikel ini;

Kumpulan Asal Usul Menarik di Balik Warna Merah, Kuning Emas, dan Imlek!

Berikut ulasan singkat dan lengkapnya!

1. Warna Merah yang Mengartikan Kebahagiaan

 

Seorang budayawan asal Negara Tirai Bambu, David Kwa, mengartikan bahwa warna merah di Tahun Baru China adalah sebuah penanda akan kebahagiaan.

Bisa jadi hal itu diperolehnya karena dalam setiap momen pergantian tahun, pastinya terselip sebuah kebahagiaan di sana. Misal saja; bahagia karena bisa berkumpul bersama keluarga, bahagia karena bisa dibelikan kaos imlek terbaru, dan lain sebagainya.

Terlebih orang Tiongkok percaya bahwa dunia ini memiliki 6 elemen penting, yaitu: Api, Air, Tanah, Angin, dan Logam. Lantas, merah di imlek pun bisa pula berdiri sebagai perlambangan elemen Api yang diharapkan bisa memberikan kehangatan serta kebahagiaan bagi orang-orang yang merayakannya.

Menarik juga kan?

2. Menghapus Kesusahan

Makna dari warna merah, sebagai manifestasi elemen api pun turut memberikan pengertian lain. Warna itu diibaratkan sebagai pengharapan agar dibumihanguskan nya segala kesedihan dan kesusahan di tahun lalu, untuk kemudian mengharap datangnya segala kebahagiaan dan keceriaan di tahun mendatang.

DESAIN BANTAL IMLEK KAMU SENDIRI!

3. Simbol Kebaikan

Dilansir dari kompas.com, penulis sekaligus praktisi Feng-Shui yakni Suhana Lim berpendapat bahwa warna merah pada saat perayaan Imlek diartikan sebagai simbol kebaikan hati, kebenaran, serta ketulusan hati.

http://tatcomic.com/nian-the-chinese-year/

Tidak heran bila saat Hari Raya Imlek tiba, orang Tionghoa akan saling berbagi kebaikan terhadap sanak-saudara, tetangga, bahkan sesama. Seru juga nih kalau ketulusan dikedepankan seperti ini.

4. Pembawa Keberuntungan

Warna merah imlek pun dipercaya oleh sebagian orang Tionghoa sebagai sebuah paket yang akan membawa mereka pada keberuntungan di tahun berikutnya.

Supaya lebih afdol, mereka kadang mengecat rumahnya dengan warna itu agar keberuntungan bisa menyelimuti kehidupannya.

5. Penyelamat

Ada sebuah kisah legenda yang menceritakan bahwa setiap Hari Imlek menjelang, akan ada monster ganas bernama Nian yang berkeliaran ke setiap desa untuk mengacau.

Asal Usul yang Belum Kamu Tahu Tentang Imlek, Warna Merah, dan Kuning Emas
Image by tatcomic.com/nian-the-chinese-year/

Nah, usut punya usut, warna merah merupakan warna yang ditakuti oleh Nian.

Maka, jangan heran kalau di depan rumah orang Tionghoa, pas Imlek akan banyak sekali ornamen berwarna merah, baik berbentuk lampion maupun tulisan mantra di depan pintu.

Mungkin saja, Nian itu pun merupakan perlambangan dari keburukan yang akan datang. Istilahnya “ornamen serba merah” tadi kalau di Indonesia ini dikenal sebagai alat “penolak bala” kali ya.

6. Warna Kuning Simbol Kekaisaran

Selain warna merah, Imlek pun diidentikan pula dengan warna kuning emas. Warna tersebut diartikan sebagai perlambangan kemakmuran yang selalu orang-orang dambakan.

Catatan kecil memperlihatkan bahwasanya warna kuning emas merupakan warna yang sakral karena sering dipakai sebagai hiasan kekaisaran, mulai dari; istana, jubah, kursi, dan lainnya.

7. Kuning Kemakmuran

Karena Imlek hampir selalu berbarengan dengan musim di mana penanaman bibit pertanian dimulai, maka Imlek pun dijadikan sebagai sebuah awalan untuk orang Tionghoa yang berprofesi sebagai petani.

Dengan datangnya Imlek itu, mereka memiliki sebuah pengharapan baru agar kemakmuran di bidang pertanian dapat bertahan dan berlebih.

Sekian dulu artikel tentang Asal Usul yang Belum Kamu Tahu Tentang Imlek, Warna Merah, dan Kuning Emas.

WAJIB GAK DILEWATIN:

1Mengenal Jenis-Jenis Tinta yang Membedakan Hasil Sablon DTG dan Manual

2Siap-Siap Ganti! Inilah 7 Warna yang Bakal Hits di Tahun 2018

Banner Imlek FB

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here